Decoration by nanadh12. Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 30 Mei 2011

Konsep Object Oriented

1. Pengertian

• Object adalah sebuah entitas yang dapat diidentifikasikan secara unik, yang memiliki atribut (variabels) dan method (behavior).
• Object oriented merupakan suatu pendekatan baru dari pembuatan perangkat lunak yang sangat menjanjikan untuk memecahkan beberapa masalah klasik dari pengembangan perangkat lunak.
• Object Oriented Database adalah sebuah sistem database yang menggabungkan semua konsep penting dari object oriented.
• OODBMS merupakan database management system (DBMS) yang mendukung pemodelan dan pembuatan data sebagai objek.

2. Konsep Object Oriented

Konsep yang dimiliki oleh suatu bentuk pemrograman yang berorientasi object adalah :
• Abstraction
Cara melihat suatu system dalam bentuk sederhana, yaitu sebagai suatu kumpulan subsistem (object) yang saling berinteraksi. Contohnya mobil merupakan sekumpulan system pengapian, system kemudi, system pengereman.
• Encapsulation
Mekanisme menyembunyikan suatu proses dalam system untuk menghindari interferensi dan menyederhanakan penggunaan system itu sendiri. Contohnya tongkat transmisi (gigi) pada mobil, tombol on/off pengaturan suhu pada AC.
• Inheritance
Inheritance atau pewarisan adalah merupakan konsep dimana suatu obyek memiliki sejumlah perilaku yang dimiliki oleh obyek lain dalam suatu hirarki tertentu.
• Modularity
Sifat obect adalah modular, sehingga object dapat ditulis dan dimaintain terpisah (independen) dari object lain.
• Polymorphism
Konsep dimana beberapa obyek dapat memiliki metode yang sama dengan aksi yang berbeda. Terdapat dua jenis, yaitu :
a. Overloading : penggunaan satu nama untuk beberapa method yang berbeda (beda parameter).
b. Overriding : deklarasi method subclass dengan nama dan parameter yang sama dengan method dari superclassnya.

3. Perkembangan Aplikasi Basis Data

1. Computer-Aided Design (CAD)
Basis data CAD menyimpan data yang berhubungan dengan rancangan mekanik dan elektrik. Contohnya adalah gedung, pesawat dan chips IC.
2. Computer-Aided Manufacturing (CAM)
Basis data CAM menyimpan data yang jenisnya sama dengan sistem CAD, ditambah data yang berhubungan dengan produksi yang mempunyai ciri-ciri tersendiri (seperti mobil pada saat perakitan) dan produksi yang continue (seperti sintesa kimia).
3. Computer-Aided Software Engineering (CASE)
Basis data CASE menyimpan data yang berhubungan dengan langkah-langkah dari siklus pengembangan software, yaitu planning, requirements collection analysis, design, implementation, test, maintenance and documentation.
4. Office Automation (OA)
Basis data OA menyimpan data yang berhubungan dengan pengontrolan informasi komputer dalam bidang bisnis, termasuk e-mail, dokumen-dokumen, invoice, dsb. Agar menyediakan dukungan yang lebih baik untuk area ini, dibutuhkan penanganan yang lebih luas terhadap jenis data daripada nama, alamat, tanggal dan uang. Sekarang ini sistem yang modern dapat menangani teks yang berjenis bebas, foto, diagram, audio dan video. Contohnya adalah dokumen multimedia yang mengangani teks, foto, spreadsheets dan suara.
5. Computer-Aided Publishing (CAP)
Basis data CAP menyimpan dokumen yang kompleks. Sama seperti otomatisasi kantor, applikasi CAP telah diperluas untuk menangani dokumen-dokumen multimedia yang berisikan teks, audio, gambar, video data, dan animasi.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates